Hidup di Gang Sempit, Pria ini Malah Ditagih Pajak Mobil Ferrari Sebesar Rp69 Juta

CeritaKita.info – Siapapun pasti kaget jika mengalami hal yang dialami oleh Ilham Firdaus yang didatangi petugas pajak perihal pajak mobil ferrari sebesar Rp69 Juta. Jangankan punya mobilm, lahan utnuk parkir saja tidak punya karena ia tinggal di gang sempit yanghanya tersedia ruang sekitar 1,5 meter untuk jarak antar rumah.

Ilham yang tinggal di Jalan Thalib III Krukut, Tamansari ini merasa sangat kaget tiba tiba ditagih pajak yang bernilai puluhan juta tersebut. Dalam data yang dimiliki kantor samsat, tercantum nama Ilham Firdaus (23) sebagai pemilik kendaraan mewah tersebut.

“Saya sih enggak merasa punya, kaget saja. Ada orang beli mobil pakai nama saya, kenapa enggak KTP dia saja,” kata dia.

“Saya enggak kenal (dengan pemilik atau pembeli Ferrari). Belum pernah ketemu juga,” tuturnya.

Pajak Mobil Ferrari

Ilham mengaku bahwa ia memang sudah lama kehilangan KTP miliknya. Bahkan KTP-nya sudah hilang sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 2010 di Kota Tua, Jakarta dan tahun 2014 di Bogor, Jawa Barat.

Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Jakarta Barat Elling Hartono mengatakan, ada kecocokan identitas Ilham dengan pemilik Ferrari dari data yang dimilikinya.

“Menurut data, atas nama Ilham Firdaus dengan kepemilikan mobil Ferrari. Dia menunggak Rp 69.430.000 selama satu tahun,” kata Elling di lokasi, Rabu.

Namun saat ditelusuri hingga ke kediamannya, petugas tidak menemukan kendaraan tersebut dan bahkan orang yang dituju tidak memiliki kendaraan tersebut.

Elling Hartono juga menyampaikan bahwa pemiliki asli mobil Ferrari tersebut sudah mencetak Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran di Samsat Jakarta Barat pada 4 Oktober 2018 lalu akan tetapi belum melunasi tunggakan pajak senilai Rp69 Juta tersebut.

“Pak Ilham Firdaus ini saya serahkan formulir untuk memblokir kendaraannya (atas namanya) supaya yang bersangkutan (pemilik aslinya) balik nama ke pemilik kendaraan kedua (bukan atas nama Ilham lagi),” terangnya.

Selanjutnya, di lokasi yang sama, petugas Samsat Jakarta Barat mengarahkan Ilham untuk mengisi Surat Pernyataan Pelepasan Hak Kepemilikan kendaraan bemotor yang telah dijual. Kemudian ditandatangani olehnya di atas meterai yang disediakan petugas.

Sumber : grid.id dengan judul “Tinggal di Gang Sempit, Ilham Kaget Ditagih Tunggakan Pajak Mobil Ferrari Sebesar Rp69 Juta