Air Terjun Niagara Membeku, Begini Penampakannya

CeritaKita.info – Salah satu destinasi wisata di Amerika Serikat atau dikenal juga dengan negeri Paman Sam adalah air terjun Niagara (The Niagara Falls). Namun pernahkah sobat membayangkan kalau air terbesar ke-3 di dunia ini bisa membeku. Pasti nggak kebayang kan?

The Niagara Falls ini terletak di antara kota kembar Air Terjun Niagara, Ontario, Kanada dan Air Terjun Niagara, New York Amerika Swerikat (AS). Niagara Falls sebenarnya adalah tiga air terjun berbeda yakni American Falls, Bridal Veil Falls dan Horseshoe Falls. Horseshoe Falls terletak di sisi Kanada sementara yang lainnya terletak di New York.

Meski tidak terlalu tinggi, namun The Niagara Falls ini merupakan wisata air terjun terpopuler dimana memiliki pengunjung lebih dari 14 juta pengunjung setiap tahunnya. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan. Tak heran, air terjun Niagara disebut yang paling kuat di Amerika Utara.

Niagara juga terkenal dengan pelangi indah yang melintang di tengah derasnya air terjun. Namun, selama musin dingin, keadaan disana berubah menjadi sesuatu yang benar benar menakjubkan seperti dalam film The Chronicles of Narnia atau film animasi Frozen.

Tidak hanya air terjun, pohon-pohon di sana juga mengalami hal yang sama. Beberapa pelancong sangat tertarik dengan fenomena ini. Dikutip dari Newsweek, beberapa dari mereka mengungkapkan bahwa fenomena ini sangat menarik. “Seperti pohon yang dilapisi dengan gula,” ungkap salah satu wisatawan.

Bekunya Niagara tersebut, memunculkan satu pemandangan yang tak kalah menarik dan cantik karena luapan air yang mengalir dan terjun di tempat tersebut membeku sekaligus terlihat seperti sebuah stalactite dan stalagmite yang biasa dapat dijumpai di dalam gua.

Mengutip CNN, Rabu (23/1/2019), musim salju di pengujung 2018 hingga awal 2019 menyebabkan beberapa wilayah di dunia, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, diselimuti salju tebal. Sejumlah ahli meteorologi, menyebut temperatur yang sangat dingin itu dengan istilah extreme cold.

Saking dinginnya, Air Terjun Niaraga yang tingginya lebih dari 50 meter dilapisi es berwarna putih. Suhu di kawasan tersebut mencapai -13 derajat celsius. Akibatnya, sungai di bawah air terjun itu tampak dilapisi es tebal. Padahal, sebenarnya air di wilayah tersebut tidak benar-benar membeku.