Fenomena Aneh Kawanan Kodok Yang Menunggangi Ular Piton di Australia

CeritaKita.info – Bagi kita melihat ular memangsa kodok ataupun katak adalah hal  sudah biasa. Bahkan tidak pernah kita jumpai kodok dan ular hidup berdampingan seakan hidup rukun.

Akan tetapi berbeda dengan sebauh fenomena aneh yang terjadi di Australia pada Minggu 30 Desember silam.

Kisahnya berawal ketika Paul Mock warga Kununurra di ujung utara Australia Barat merekam penampakan kawanan kodok tebu atau cane toad (Rhinella marina) yang menunggangi punggung ular ketika badai menerjang daerah tersebut.

Biasanya saat badai terjadi atau air danau meluap, binatang yang ada didalam danau akan berusaha keluar dari danau tersebut.

Mungkin dikarenakan susah mencapai pinggir danau, kawanan kodok tersebut mencoba menjadikan ular piton yang sedang lewat sebagai transportasi.

Mereka melompat ke badan piton yang relatif lebar, merangkul badan ular yang licin dengan kaki-kaki dan tangan mereka.

Ada yang duduk di tengah atau dekat buntut. Mock kemudian mengirim video dan gambar penampakan aneh itu pada Andrew, saudaranya, yang kemudian mengunggahnya ke internet.

Ular Piton

Kepada BBC, Mock mengaku, kala itu ia memberanikan diri keluar usai badai menerjang dengan curah hujan hampir 7 cm mengguyur dalam waktu satu jam.

“Saya keluar dan melihat air danau meluap,” kata dia, seperti dikutip dari BBC News, Selasa (1/1/2019).

Paul Mock menyaksikan katak-katak yang bersarang di tepian kabur dari air yang meluap.

“Ribuan katak berusaha mencari tempat untuk mengevakuasi diri,” kata dia. “Kemudian aku melihat Monty, seekor ular piton lokal, dengan sekelompok penumpang di punggungnya.”

Monti, ular piton sepanjang 3,5 meter itu adalah pengunjung setia ke properti milik Mock.

“Monty dikenal baik oleh kami,” kata Mock. “Dia berkeliaran di belakang kolam renang, menakuti istriku yang sedang menjemur pakaian.”

Seperti yang diketahui, katak cane merupakan salah satu katak beracun yang bisa mematikan hewan hewan yang lebih besar seperti ular, kadal dan buaya.

Mungkin saja ular piton tersebut sudah mengetahui bahaya dari katak tersebut sehingga ia tidak mau mengambil resiko dan mengabaikan keberadaan katak tersebut.

Namun seorang ahli biologi konservasi Jodi Rowley menduga katak tersebut mencoba kawin dengan ular yang dikenal dengan nama Monti tersebut.

Menurutnya, para kodok jantan itu bisa jadi ‘terbawa suasana’. Mengira ular piton sebagai pasangan kawin.

Simak video berikut ini!!

Sumber : liputan6.com dengan judul”Ini Penampakan Aneh Ular Piton Gendong Kawanan Kodok di Australia